Senin, 03 Januari 2011

Tari Kebyar Kancana

Tari Kebya Kancana ditata oleh Tejasukmana dalam rangka Ultah ke-30 SMAN 1 Cikarang Utara Kab.Bekasi. Tarian ini merupakan tarian kreasi yang berpijak pada tari tradisional Jawa Barat. Kebyar Kancana di kembangkan dari gerak-gerak tari klasik sunda yang dipadukan dengan gerak-gerak tari jaipong,sehingga menghasilkan suatu bentuk tarian baru yang dinamis.

Kebayar Kancana menggambarkan perjuangan keluarga SMAN 1 Cikarang Utara dalam meraih prestasi seperti sekarang ini,yang bukan saja berprestasi di tingkat kabupaten tetapi juga tingkat profinsi bahkan nasional. Kebayar Kancana memaparkan suka duka dalam menghadapi segala tantangan dalam membangun dan menghasilkan siswa didik yang berprestasi. Tarian ini ditampilkan dalam bentuk tari massal, dengan jumlah penari 40 orang penari. Kostum yang dikenakan berwarna emas menggambarkan prestasi yang telah dicapai dan warna merah menggambarkan semangat an keberanian yang dimiliki dalam membangun dan berjuang dalam meraih prestasi yang gemilang.

Yang istimewa dari tarian ini adalah semua yang mendukung tarian ini adalah siswa, baik penari,pemusik,bahkan perias berasal dari siswa dan alumni SMAN 1 Cikarang Utara Kab.Bekasi. hal ini menjadi sangat berbekas bagi SMA, karena kebetulan Tejasukmana yang lulusan Seni Tari IKIP Jakarta juga merupakan alumni SMAN 1 Cikarang Utara.

Para penari adalah siswa-siswi yang tergabung dalam kegiatan EKSTRAKURILER Seni Tari Tradisional ( STARTRA ) yang yang dibimbing langsung oleh penata dan berada dibawah naungan Bengkel Seni KIJARA SMAN 1 Cikarang Utara Kab.Bekasi.Begitupun para pemusiknya. Mereka adalah siswa/i anggota ekskul Musik Tradisional yang dibimbing oleh Bp. Surwa, jebolan ASTI Bandung Jurusan Karawitan.

Kebyar Kancana menjadi penampilan yang istimewa karena selain sebagai kado ulang tahun yang ke 30 juga bersamaan dengan pelepasan siswa/i kelas XII.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar